Dokter Baik

Dokter Yang Berusaha Menjadi Lebih Baik

Info Kesehatan

Turunkan Risiko Diabetes Dengan Minum Kopi

turunkan risiko diabetes

Turunkan Risiko Diabetes Dengan Minum Kopi. Ada yang suka ngopi? Nah, ini ada kabar gembira untuk anda. Menurut sebuah studi terbaru, kebiasaan minum kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Para peneliti menemukan, kebiasaan minum kopi dalam hal ini mereka yang minum kopi lebih dari 1,5 cangkir setiap hari, memiliki risiko yang lebih rendah menderita diabetes tipe 2 bila dibandingkan dengan mereka yang minum kopi hanya sesekali saja atau kurang dari 1,5 cangkir sehari.

Baca juga: Cegah Diabetes Dengan Olahraga dan Makan Yang Tepat

Menurut peneliti, antioksidan yang terdapat dalam biji kopi memiliki efek anti inflamasi dan inilah faktor yang membedakan manfaat kopi pada mereka yang memiliki kebiasaan minum kopi dengan yang tidak.

Sampel darah yang diambil dari mereka yang rutin minum kopi memiliki kadar serum amyloid (penanda inflamasi) yang lebih rendah bila dibandingkan dengan sampel darah mereka yang jarang minum kopi.

Menurut Demosthenes B. Panagiotakos, seorang peneliti dari Universitas Harokopio, Athena, Yunani, komponen antioksidan pada kopi memang memiliki manfaat tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menunjang hasil penelitian ini.

Penelitian yang melibatkan sampel sebanyak 1.300 orang dewasa di Athena ini mengambil contoh darah untuk diperiksa kadar stress oksidatif dan inflamasinya. Sepuluh tahun kemudian, sampel ini diperiksa kembali dan ditemukan sebanyak 13% pria dan 12% wanita menderita diabetes.

Mereka menemukan, orang yang rutin minum kopi, 54% lebih rendah kemungkinannya menderita diabetes tipe 2 setelah memperhitungkan faktor risiko lain seperti riwayat keluarga dan kebiasaan merokok.

Studi ini dipublikasikan dalam European Journal Of Clinical Nutrition.

Demikian tulisan tentang cara turunkan risiko diabetes dengan minum kopi, semoga bermanfaat.

dokterbaik

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman

Tinggalkan Balasan